Thursday, December 1, 2011

Sistem Operasi Mobile phone (Smart phone)


Smartphone atau yang biasa di Indonesia di sebut ponsel pintar tergolong sebagai teknologi yang mutakhir. Namun pintar tidaknya ponsel pintar ini, juga bergantung pada pemakainya. Bisa-bisa ponsel pintar tersebut tidak maksimal jika pemakainya tidak tahu bagaimana cara memaksimalkannya.
Saat ini terdapat beberapa pilihan OS mobile untuk ponsel. Di antaranya yang terkenal adalah Symbian, BlackBerry, iOS, Android, dan yang terbaru adalah Windows Phone 7 atau disingkat WP7.
Agar anda dapat memilih OS mobile sesuai dengan kebutuhan, berikut ini adalah deskripsi singkat beberapa OS.

1. BlackBerry

Research in Motion (RIM) menjadi salah satu perusahaan tersukses di dunia berkat BlackBerry. Terlebih di Indonesia, jumlah pengguna BlackBerry atau yang sering disebut BB menjadi salah satu yang terbanyak di dunia dengan jumlah mencapai 800 ribu pelanggan, itupun hanya untuk satu operator saja.
Yang menjadi kelebihan BB adalah push mail dan aplikasi blackberry messengernya. Terakhir, mereka baru saja mengeluarkan versi terbaru dari blackberry messenger, yakni BBM 6.0.
Dengan aplikasi BBM tersebut, anda dapat mengirim pesan secara gratis kepada seluruh teman anda yang ada di phonebook. Selain daripada itu, Blackberry sepertinya tidak memiliki keunggulan lain.
2. Android

OS yang digeber oleh Google ini memang masih baru. Tak heran masih banyak kekurangan di sana-sini, terutama masalah keamanan. Banyak sekali malware dan virus yang menjadikan ponsel android sebagai targetnya.
Meskipun begitu, OS ini menjanjikan teknologi yang tinggi. Terlebih dengan nama Google di belakangnya. Tak hanya itu, akhir-akhir ini juga banyak produsen ponsel yang memproduksi ponsel Android. Sebut saja HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG, Samsung adalah deretan produsen yang mengembangkan ponsel android.
Dengan dukungan banyak produsen ponsel membuat ponsel android tersedia bagi banyak kalangan, dari yang low end hingga high end. Selain itu Android juga menjanjikan kustomisasi software yang mudah. Terlebih banyak pilihan aplikasi dengan berbagai konten yang bisa dipilih.
Android memberikan dukungan fitur copy paste, multi tasking, kustomisasi home screen, notification alerts, google maps, push email, quick mobile office dan lain-lain.
3. iOS

iOS adalah OS hasil gemblengan Apple. Tentu saja OS ini hanya digunakan oleh ponsel produksi Apple, iPhone. Jika anda memilih menggunakan OS ini, maka tak banyak pilihan yang bisa anda pilih. Meskipun begitu, Apple menjanjikan sistem keamanan yang bagus, dengan penampilan yang menawan, kualitas mumpuni serta jutaan aplikasi.
OS ini menawarkan fitur multi tasking video chat, dan copy paste. OS ini tidak mendukung flash, namun terdapat dukungan HTML 5 yang dapat memainkan video di browser.
Tentunya jika anda menginginkan OS ini, siap-siaplah merogoh kocek lebih dalam.

Smartphone atau yang biasa di Indonesia di sebut ponsel pintar tergolong sebagai teknologi yang mutakhir. Namun pintar tidaknya ponsel pintar ini, juga bergantung pada pemakainya. Bisa-bisa ponsel pintar tersebut tidak maksimal jika pemakainya tidak tahu bagaimana cara memaksimalkannya.
Saat ini terdapat beberapa pilihan OS mobile untuk ponsel. Di antaranya yang terkenal adalah Symbian, BlackBerry, iOS, Android, dan yang terbaru adalah Windows Phone 7 atau disingkat WP7.
Sebelumnya telah disampaikan mengenai BlackBerry, iOS dan Android. Selanjutnya adalah mengenai Symbian, dan WP7
3. Symbian

Symbian adalah OS open source besutan Nokia. OS ini adalah salah satu OS mobile tertua yang pernah ada. Namun OS ini masih belum memiliki banyak ruang di kancah ponsel pintar.
Pemakai Nokia di Indonesia sendiri sebenarnya masih banyak. Bahkan Nokia pernah mendapat sebutan sebagai ponsel sejuta umat oleh sebagian orang.
Namun untuk ponsel pintar, nampaknya Nokia masih harus belajar dari RIM, Apple ataupun produsen ponsel pintar lainnya. Kepopuleran Symbian di ponsel pintar kalah jauh jika dibandingkan dengan Android, Blackberry, ataupun iOS. Bahkan Nokia sendiri mulai memalingkan diri ke OS WP7.
Keuntungan terbesar dari OS ini adalah tingkat familieritasnya. Banyak orang yang sudah familier dengan ponsel Nokia. Namun, Nokia enggan untuk melanjutkan pengembangan OS ini. Mereka mengatakan akan menghentikan pengembagan OS ini pada 2012. Meskipun begitu mereka tetap mensupport Symbian sampai pada 2014.
4. WP7

Windows Phone yang memiliki versi 7 atau 7.5 Mango adalah OS terbaru yang akan ada di pasaran. Terdapat beberapa produsen ponsel yang berencana akan memproduksi ponsel berbasis WP7, Nokia adalah salah satunya.
Meskipun terhitung baru, WP7 adalah OS yang modern. OS ini menawarkan penggabungan beberapa fitur dalam satu hub. Misal adalah People Hub, yang dapat menampilkan status facebook teman-teman anda yang ada di kontak telepon. Dari situ anda bisa memberikan komentar atau me-like status mereka.
Namun yang pasti, OS ini membutuhkan performa yang tinggi. Minimal prosesor yang dibutuhkan harus memiliki kecepatan 1GHz atau lebih agar OS ini dapat bekerja maksimal. Tentu saja hal ini berimbas ke harga ponsel itu sendiri. Ada kelebihan pada sistem navigasi yang ditawarkan oleh WIndows Phone yang memang smooth dan memungkinkan perpindahan dari satu layar ke layar lain atau aplikasi lain dengan mudah dan mulus.

Sumber : Berita teknologi

0 comments: